Pengertian Pemeliharaan Perangkat Lunak

 

Pengertian Pemeliharaan Perangkat Lunak

Pengertian Pemeliharaan Perangkat Lunak

Pemeliharaan perangkat lunak atau software maintenance adalah proses memodifikasi sistem perangkat lunak atau komponen perangkat lunaknya setelah digunakan oleh konsumen atau pelanggan untuk memperbaiki kerusakan, meningkatkan kinerja, hasil atau kualitas dan mengoptimalkan sistem perangkat lunak untuk beradaptasi dengan keadaan yang berubah. Dari definisi di atas menegaskan bahwa proses pemeliharaan perangkat lunak merupakan proses pasca pengiriman, yang berlangsung setelah sistem perangkat lunak digunakan oleh konsumen atau pelanggan.

Apa yang dimaksud dengan sistem pemeliharaan?

Perawatan sistem adalah gabungan langkah yang diambil untuk mempertahankan sistem dalam kondisi yang dapat diterima atau meningkatkannya ke keadaan yang dapat diterima.

Mengapa perangkat lunak memerlukan pemeliharaan?

Konsep pemeliharaan perangkat lunak digunakan untuk menunjukkan aktivitas analis sistem (rekayasa perangkat lunak) yang terjadi ketika hasil produk perangkat lunak tersedia untuk pengguna. Untuk memperpanjang umur aset sistem itu sendiri

Apa masalah  perangkat lunak?

Ada beberapa masalah dan penyebab masalah pada perangkat lunak. Perkiraan biaya dan jadwal seringkali tidak akurat. Produktivitas pemrogram tidak dapat memenuhi tuntutan perangkat lunak. Kualitas perangkat lunaknya tidak terlalu bagus.

 

Faktor  apa yang menyebabkan kegagalan perangkat lunak?

            Penilaian kualitas dan analisis biaya yang tidak memadai. Ada bug dan cacat desain. Penggunaan peralatan komputer dan perangkat lunak yang tidak direncanakan serta pemasangan teknologi yang tidak tepat. Pengembangan sistem  tidak berkelanjutan.

mengapa perlu melakukan pemeliharaan perangkat lunak?
pengertian pemeliharaan perangkat lunak dipakai supaya mengartikan kegiatan dari analis sistem( software engineering) yang terjadi di saat hasil produk perangkat lunak sudah bisa digunakan untuk pemakai stoner. Supaya bisa memperpanjang umur pemakaian asset pada sistem itu sendiri.

Bisakah proyek perangkat lunak gagal?

Sebagian besar proyek perangkat lunak gagal sepenuhnya atau sebagian karena sejumlah kecil proyek memenuhi semua persyaratannya. Persyaratan ini dapat berupa biaya, jadwal, kualitas, atau tujuan persyaratan. Menurut banyak penelitian, tingkat kegagalan proyek perangkat lunak adalah antara 50% – 80%.

Apa tujuan dari pengujian perangkat lunak?

Tujuan dari pengujian software sendiri adalah agar perusahaan dapat mengidentifikasi bug atau fitur yang tidak sesuai dengan kebutuhan sebenarnya. Alasannya adalah jika ada bug atau bug yang tidak teridentifikasi dalam perangkat lunak, perusahaan harus memulai proses pengembangan dari awal lagi.

Apa tujuan pemeliharaan perangkat lunak?

Pemeliharaan perangkat lunak atau pemeliharaan perangkat lunak adalah proses di mana konsumen atau pelanggan memodifikasi sistem perangkat lunak atau komponen perangkat lunaknya setelah digunakan untuk memperbaiki kerusakan, meningkatkan kinerja, hasil atau kualitas, dan mengoptimalkan agar sesuai dengan sistem peralatan.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengantar Manajemen proyek