FUNGSI MENU DAN IKON PADA MICROSOFT EXCEL

 FUNGSI MENU DAN IKON PADA MICROSOFT EXCEL


Home merupakan menu standar. Didalammya terdapat sub menu group yang, letaknya berada di deretan menu. Yang terdiri dari :

Home

a.       a. Group Clipboard


Secara umum, icon-icon yang terdapat di Group Clipoard digunakan untuk menangani segala hal yang berkaitan dengan masalah tempel-menempel objek dan teks, terdiri dari menu Paste, Cut, Copy, dan Format Painter

Ø Fungsi Icon Group Clipboard

1. Paste

Paste, merupakan menu icon yang digunakan untuk menempelkan objek atau teks yang telah di-cut atau di-copy.

2. Cut

Cut digunakan untuk memindahkan data atau objek terpilih ke daerah lain dengan bantuan perintah Paste.

3. Copy

Copy digunakan untuk menyalin data tertentu yang diakhiri dengan perintah Paste.

4. Format Painter

Perintah berkarakter “kuas cat” ini digunakan untuk meniru suatu pemformatan kemudian menerapkannya ke dalam data terpilih lain.

 

b. Group Fon


Menu icon di group Font digunakan untuk pemformatan seputar huruf atau karakter data dan sel.

Ø Fungsi icon pada Group Font

1. Font

Font digunakan untuk mengubah jenis huruf dari data yang terseleksi.

2. Font Font Size

Icon perintah ini digunakan untuk mengatur ukuran huruf atau karakter dari data terpilih.

3. Increase Font

Perintah ini digunakan untuk memperbesar ukuran huruf secara bertahap.

4. Decrease Font

Decrease Font digunakan untuk memperkecil ukuran huruf secara bertahap.

5. Bold

Icon ini berguna untuk menebalkan huruf atau karakter.

6. Italic

Digunakan untuk memiringkan data terpilih.

7. Underline

Perintah ini digunakan untuk memberi tanda garis bawah pada setiap data terpilih.

8. Border

Icon Border digunakan untuk mengatur garis tepi dari sel terpilih.

9. Fill Color

Digunakan untuk mengatur warna shading data dalam sel terpilih.

10. Font Color

Digunakan untuk mengatur warna huruf.

 

c. Group Alignment


Icon perintah di group Alignment digunakan untuk mengatur format paragraf data sel.

Ø Fungsi icon pada group Alignment

1. Top Align

Digunakan untuk menjadikan data sel menepi ke bagian atas sel.

2. Middle Align

Digunakan untuk menjadikan teks berada di tengah-atas sel.

3. Bottom Align

Digunakan untuk menjadikan teks menepi ke bagian bawah sel.

4. Orientations

Digunakan untuk mengatur arah dan posisi data dalam sel.

5. Align Text Left

Digunakan untuk menjadikan teks rata kiri.

6. Center

Digunakan untuk menjadikan teks rata tengah.

7. Align Text Right

Digunakan untuk menjadikan teks rata kanan.

8. Decrease Indent

Digunakan untuk menarik batas kiri teks ke sebelah kiri.

9. Increase Indent

Digunakan untuk menarik batas kiri teks ke sebelah kanan.

10. Wrap Text

Digunakan untuk mengatur distribusi teks.

11. Merge & Center

Digunakan untuk menggabung beberapa sel terpilih dan meletakkan teks di dalamnya di bagian tengah sel.

 

d. Group Number


Semua icon perintah yang terdapat di group Number digunakan untuk mengatur data nomor dalam suatu sel.

Ø Fungsi icon pada Group Number

1. Number Format

digunakan untuk mengatur format tertentu pada data jenis numerik yang terdapat dalam sel.

2. Accounting

digunakan untuk mengatur format harga sesuai dengan spesifikasi mata uang.

3. Percent Style

digunakan untuk memformat suatu data numerik dengan gaya persentase, nilai persentase akan muncul secara otomatis pada sel yang telah diformat.

4. Comma Style

digunakan untuk menampilkan angka desimal sebagai angka bulat.

5. Increase Decimal

digunakan untuk menambah jumlah digit setelah koma dalam bilangan angka desimal.

6. Decrease Decimal

digunakan untuk mengurangi jumlah digit setelah koma dalam angka desimal.

e. Group Styles


Perintah-perintah di group Styles digunakan untuk pemformatan sel.

Ø Fungsi icon pada Group Styles

1. Conditional Formatting

Menu Conditional Formatting, digunakan untuk memformat sel sebagai diagram dari data yang terdapa di dalam sel tersebut.

2. Format as Table

Dengan menu ini user dapat memformat sel sebagai tabel dengan segala tema dan warna yang spektakuler, namun tetap memberikan kesan estetika formal, sebagai ciri khas officer, tidak norak, sederhana, simpel, dan yang penting, nilai artistik akan terbentuk.

3. Cell Styles

Menu ini berfungsi untuk memformat suatu sel sesuai dengan kondisi dan klasifikasinya.

 

f. Group Cells


Menu parintah di group Cells ini digunakan untuk melakukan properti seputar sel yang terdapat di lembar kerja Excel.

Ø Fungsi icon pada Group Cells

1. Insert

digunakan untuk menyisipkan kolom atau baris sel di tengah-tengah sel yang sudah terisi data.

2. Detele

dugunakan untuk menghapus baris sel maupun kolom aktif..

3. Format

digunakan untuk melakukan properti seputar sel dan kolom yang sedang terpilih.

 

g. Group Editing



Group Editing adalah bagian group pada Microsoft excel yang berfungsi untuk menjumlahkan data sel yang di pilih secara otomatis mencari dan mengganti data teks atau angka.

Ø Fungsi icon pada group Editing

1. AutoSum

Icon ini digunakan untuk menjumlahkan data dalam satu range sel yang telah di tentukan.

2. Fill

Icon ini digunakan untuk membuat deret data dalam suatu range, menyalin isi data suatu sel atau range.

3. Clear

Icon ini digunakan untuk menghapus suatu data dalam sel atau range yang dipilih, seperti isi,format, dan komentarsel.

4. Sort and Filter

Icon ini digunakan untuk mengurutkan data dari yang terkecil hingga terbesar, begitupun sebaliknya.

5. Find and Select

Icon ini digunakan untuk mencari dan mengganti data secara otomatis.


  

INSERT

Menu Insert digunakan untuk menyimpan obyek atau fitur tertentu kedalam lembar kerja. Isi menu Insert terdiri dari :

a. Group Tables



Ø TABLE : daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data-data informasi yang biasanya berupa kata-kata maupun bilangan yang tersusun dengan garis pembatas.

Fungsi table : Digunakan untuk menyisipkan tabulasi dari data terpilih sehingga data tersebut menjadi lebih mudah untuk di sortir atau di saring dengan menggunakan kriteria tertentu.

Langkah – langkah membuat Table :

1. Klik Insert

2. Pilih Table

3. Lalu ketik berapa colomns yang diinginkan dan berapa rows yang diinginkan.

4. Setelah selesai Klik OK.

Ø PIVOT TABLE : tabel khusus yang merangkum informasi dari kolom-kolom tertentu dari sebuah sumber data.

Privot Table juga dapat di mengerti sebagai salah satu fasilitas didalam Excel, dimana ia berupa table interaktif yang sangat cepat dalam menganalisa, mengkombinasikan dan membandingkan sejumlah data baik sedikit maupun banyak. Dalam PivotTable, kita dapat memilih suatu baris atau kolom yang hendak dijadikan referensi dalam melihat jumlah total dari suatu data.

Fungsi Pivot table : Digunakan untuk menyisipkan lembar karja baru yang berisi ringkasan dari kolom dan baris dari lembar kerja aktif.

Langkah – langkah membuat Pivot Table :

1. Klik Insert.

2. Pilih PivotTable

3. Lalu pilih PivotTable atau PivotChart sesuai yang diinginkan.

4. Jika sudah terbuka, ketik Table/Range sesuai yang diinginkan.

5. Setelah selesai klik OK.

 

b. Groups Illustrations


Ø PICTURE : Digunakan untuk menyisipkan objek gambar ke dalam lembar kerja aktif.

Langkah – langkah menyisipkan Picture ke dalam dokumen :

1. Klik Insert.

2. Pilih Picture.

3. Lalu cari gambar yang diinginkan, jika sudah dapat klik gambar lalu klik Insert.

Ø CLIP ART: Digunakan untuk menyisipkan gambar sederhana yang lebih mirip dengan gambar vektor yang digunakan sebagai ilustrasi ke dalam suatu lembar kerja.

Ø SHAPES : Menyisipkan objek geometris, seperti segi tiga, segi empat, dan lain-lain, ke dalam lembar kerja yang sedang diaktifkan.

Langkah – langkah menyisipkan Shapes :

1. Klik Insert

2. Pilih Shapes

3. Lalu pilih objek yang diinginkan.

Ø SMART ART: Digunakan untuk menyisipkan objek dengan sistem yang lebih mengarah pada sistem hierarkis, dimana bentuk yang tersedia di menu ini kebanyakan sudah memiliki bentuk dan telah memiliki bagian di bawahnya atau di sebelahnya.

Langkah- langkah menyisipkan SmartArt pada dokumen :

1. Klik Insert.

2. Pilih SmartArt.

3. Lalu pilih jenis Grafik yang diinginkan

4. Setelah selesai, Klik OK.

Ø SCREEN SHOT : Digunakan untuk menyisipkan objek gambar dengan terlebih dahulu menangkap area tertentu di layar monitor.

 

c. Group Charts


Ø COLOMN : Digunakan untuk memasukkan grafik kolom.

Langkah – langkah menyisipkan colomn atau chart :

1. Klik Insert.

2. Pilih Colomn

3. Lalu pilih Grafik mana yang ingin kita buat

Ø LINE : Digunakan untuk memasukkan grafik garis.

Langkah – langkah menyisipkan Line :

1. Klik Insert.

2. Pilih Line

3. Lalu pilih Grafik mana yang ingin kita buat

Ø PIE : Digunakan untuk memasukkan grafik lingkaran.

Langkah – langkah menyisipkan Pie :

1. Klik Insert.

2. Pilih Pie.

3. Lalu pilih Grafik mana yang ingin kita buat

Ø BAR : Digunakan unruk memasukkan grafik batang

Langkah – langkah menyisipkan Bar :

1. Klik Insert.

2. Pilih Bar.

3. Lalu pilih Grafik mana yang ingin kita buat

Ø AREA : Digunakan untuk memasukkan grafik area.

Untuk menyisipkan Chart type Area dengan cara sebagai berikut.

1. Klik Insert, Pilih Area pada kolm Chart

2. Lalu pilih Chart atau Grafik Area yang kita inginkan.

Ø SCATTER : Digunakan untuk memasukkan grafik distribusi.

untuk menyisipkan Scatter caranya sebagai berikut.

1. Klik Insert, Pilih Scatter pada kolom Chart

2. Lalu pilih Model Chart type Scatter yang diinginkan.

Ø OTHER CHAT : Digunakan untuk memasukkan grafik lainnya. Untuk menyisipkan Chart lain dengan cara sebagai berikut.

3. Klik Insert, Pilih Other Chat

4. Lalu plih Chart atau Grafik yang diinginkan.

 

d. Group Sparklines




Ø INSERT LINE SPARKLINE : Digunakan untuk menyisipkan grafik garis pada satu sel.

Langkah – langkah menyisipkan Line :

1. Klik Insert.

2. Pada Group Sparklines Pilih Line.

3. Lalu masukan Data Range

4. Setelah selesai, Klik OK.

Ø INSERT COLOMN SPARKLINE : Digunakan untuk menyisipkan kolom pada satu sel.

Langkah – langkah menyisipkan Colomn pada Sparkline :

1. Klik Insert.

2. Pada Group Sparklines Pilih Colomn.

3. Lalu masukan Data Range

4. Setelah selesai, Klik OK.

Ø INSERT WIN/LOSS SPARKLINE : Digunakan untuk menyisipkan daftar kerugian/keuntungan pada satu sel.

Langkah – langkah menyisipkan Win/Loss :

1. Klik Insert.

2. Pada Group Sparklines Pilih Win/Loss.

3. Lalu masukan Data Range

4. Setelah selesai, Klik OK.

 

e. Group Filter








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengantar Manajemen proyek