KOMPUTER DAN MASYARAKAT

KOMPUTER

Defenisi

       Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan.

 

Berbagai Aktivitas Kehidupan Manusia dengan Menggunakan Komputer :

1.  Perbankan

2.  Perdagangan

3.  Industri

4.  Transportasi

5.  Rumah Sakit

6.  Pendidikan

7.   Seni

8.   Penelitian

9.   Rekreasi

10. Hankam

11. Komunikasi

Bidang Perbankan

v  Sistem uang elektronik (ATM, kartu kredit dan debit)

v  Penyimpanan data

v  Pemrosesan transaksi secara on-line

v  Pembayaran tagihan secara on-line

Bidang Perdagangan

v  Memproses data transaksi dalam jumlah yang banyak.

v  Menyimpan hasil transaksi, persedian barang-barang (stock).

v  Pembuatan laporan keuangan, faktur, surat-surat, dokumen dan lain-lain

v  Selain pembayaran tunai bisa juga secara elektronik

Bidang Industri

v  CAM – Computer Aided Manufacturing untuk meningkatkan produktivitas

v  CAD – Computer Aided Design untuk merancang produk industri misal : mobil, dll

v  Penggunaan robot yang dikendalikan oleh komputer dari jarak jauh.

Bidang Kedokteran

v  Membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit pasien.

v  CAT – Computer Axial Tomography untuk menghasilkan gambar sinar-X bergerak.

v  Membantu tuna netra membaca dengan teks khusus.

v  Menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan RS

v  Mengelolaan persediaan obat-obatan.

Bidang Pendidikan

v  CBE – Computer Based Education sebagai alat pembelajaran.

v  CAI – Computer Assisted Instruction digunakan pendidik untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran.

v  Menyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajar dan soal-soal ujian maupun latihan.

Bidang Seni

v  SYNTHESIZER digunakan untuk bunyi alat musik seperti bunyi gitar dan piano.

v  Untuk proses penciptaan lagu.

v  Untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun dan special effect.

Bidang Penelitian Science

v  Penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan data.

v  Penelitian ruang angkasa

v  Ramalan cuaca seperti pengambilan gambar awan.

Bidang Rekreasi

v  Sumber alat rekreasi seperti games on-line.

v  Roller Coaster yang dikendalikan oleh komputer

Bidang Hankam

v  Kapal perang & kapal terbang dipasang peralatan komputer untuk membantu navigasi atau serang yang lebih tepat.

v  Untuk simulasi perang atau terbang

Bidang Komunikasi

v  Telekomunikasi yaitu teleconference.

v  E-mail, voice mail dll

v  Modem sebagai alat sarana komunikasi antar komputer dengan internet.

Isyu Sosial

Dampak Positif

  1. Komunikasi yang lebih baik.
  2. Transportasi data yang cepat & aman.
  3. Pekerjaan selesai lebih cepat & akurat.
  4. Efisiensi tenaga kerja

Dampak Negatif

  1. Manusia tergantung dengan komputer.
  2. Kehilangan pekerjaan karena komputer lebih cepat & teliti.
  3. Hacker yang merusak data-data dalam komputer walaupun sudah di password.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengantar Manajemen proyek