JARINGAN KOMPUTER
PENGERTIAN JARIGAN KOMPUTER secara umum
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri
dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media
transmisi dan media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data aplikasi
maupun berbagi perangkat keras komputer.
Menurut para ahli
Menurut Lia Kuswayatno, jaringan adalah
sekelompok komputer yang terdiri atas dua buah unit komputer atau lebih yang
saling terhubung dan dapat saling menukar (sharing) dan bebragi program maupun
data satu sama lain.Sep 7, 2014
Menurut sofana (2013:3) “jaringan komputer adalah
suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer, dalam bahasa populer
dapat di jelaskan bahwa jaringan komputer adalah kumpulan beberapa komputer,
dan perangkat lain seperti router, switch dan sebagainya”.
Prinsip dasar jaringan computer
•
Jaringan
komputer adalah sekelompok komputer otonom yang dihubungkan satu dengan yang
lainnya melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling
berbagi data-informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras
seperti printer, harddisk, dan lain sebagainya.
•
Awalnya
networking atau jaringan komputer adalah sambungan komputer ke komputer dalam
bentuk topologi bus.
•
Sambungan
jaringan komputer di PC ditemukan oleh Dr. Robert M. Metcalfe pada tahun 1976,
diberi nama Ethernet
Komponen Jaringan
Suatu Jaringan tersusun dari beberapa elemen dasar
yang meliputi komponen hardware dan
software, yaitu
1. Komponen
Hardware
Personal
Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel,
Topologi jaringan.
2. Komponen
Software
Sistem
Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, Protokol Jaringan.
Protokol Jaringan
•
Agar
suatu komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lain, kedua komputer tersebut
membutuhkan kesepakatan tentang tata cara berkomunikasi. Tata cara atau aturan
komunikasi ini yang disebut dengan protokol.
•
Protokol
mendefinisikan apa yang dikomunikasikan bagaimana dan kapan terjadinya
komunikasi.
Ada 3 protokol yang dikenal di jaringan komputer :
- NetBEUI (NetBIOS Extended User Interface) menggunakan aturan
penamaan dengan 16 karakter, dimana 15 karakter untuk nama dan 1 karakter
untuk tipe dari entity. NetBEUI tidak memiliki kemampuan routing, sehingga
jaringan dengan NetBEUI bersifat lokal, atau tidak bisa menghubungkan 2
jaringan NetBEUI.
- IPX/SPX (Internet/Sequence Packet eXchange), merupakan pengembangan
dari NetBEUI dengan penambahan kemampuan routing dan remote console.
- TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol), menggunakan aturan
penamaan dengan beberapa angka numerik yang dipisahkan dengan titik (dot
decimal).
TCP/IP merupakan protokol jaringan yang paling banyak
digunakan, karena didorong dari kenyataan bahwa Internet menggunakan protokol
TCP/IP.
Area jaringan computer
Ditentukan berdasarkan jarak jangkauan, dan kebutuhan
peralatan yang digunakan seperti Repeater, Bridge, Router, atau Gateway.
- Jaringan komputer Local (LAN)
- Jaringan komputer Metropolitan (MAN)
- Jaringan komputer skala luas (WAN)
Tipe Jaringan
Terdapat dua tipe utama dalam jaringan yaitu :
•
Peer
to peer (workgroup)
•
Client
Server (Domain)
Peer to peer (workgroup)
•
Client Server (
Domain )
•
Pada
jaringan tipe ini terdapat sebuah PC server yang berfungsi untuk mengatur, dan
membagikan informasi kesetiap PC client yang terhubung dengannya.
•
Server
(pelayan) menyediakan sarana untuk client (pemakai jasa) untuk mengambil data,
sharing perangkat keras dan mengkonfigurasi security pada suatu jaringan.
Topologi Jaringan
•
Topologi
adalah susunan geometri beberapa komputer terminal (node) dan sistem kabelnya
pada suatu jaringan komputer. Penentuan topologi jaringan akan berpengaruh
pada:
1. Tipe peralatan (equipment) jaringan yang
dibutuhkan,
2. Kemampuan peralatan (equipment),
3. Pertumbuhan Jaringan,
4. Penanganan manajemen jaringan.
•
Bentuk
topologi dapat dilihat secara fisik yaitu dengan melihat bentuk pengkabelan
yang digunakan maupun secara logika yaitu dengan melihat bagaimana aliran data
melalui topologi jaringan tersebut.
Bus (Linear Bus)
•
Pada topologi Bus, setiap komputer
dihubungkan dengan sebuah kabel tunggal yang disebut trunk, backbone, atau
segment. media koneksi yang digunakan adalah kabel CoAX (RG58) atau 10Base-2
•
Untuk mengefisiensikan penggunaan
jaringan, digunakan metode CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access / Collision
Detected) yang dapat mengurangi terjadinya masa tenggang (saluran kosong)
dengan mendeteksi tabrakan informasi
Topologi Star
•
Pada
topologi Star, setiap komputer dikonsentrasikan pada sebuah komponen yang
disebut HUB/Multipoint Repeater/Concentrator sehingga membentuk seperti
Bintang.
•
Media
koneksi yang digunakan adalah kabel UTP atau 10/100/1000Base-T
Topologi Ring
•
Pada
topologi Ring, setiap komputer dihubungkan dengan sebuah kabel tunggal sehingga
membentuk lingkaran tanpa memiliki ujung kabel. Topologi ini mirip seperti
topologi BUS dan setiap komputer akan mempengaruhi sinyal data.
•
media
koneksi yang digunakan adalah kabel UTP cat 3 atau TokenRing
Komponen pembentuk Jaringan Komputer
•
Ethernet
(NIC)
Kartu jaringan di gunakan
untuk menghubung pc satu dengan yang lainnya. Beberapa motherboard yang dijual
di pasaran saat ini sudah dilengkapi dengan kartu jaringan ini (on board).
Kabel
•
Jaringan
Ethernet Bus menggunakan kabel RG-58 atau thin-net coaxial, RG-8 atau thick-net,
disebut juga Yellow Cable.
•
ARCnet
juga menggunakan kabel Rg-58 tetapi menggunakan sebuah consentrator. Saat ini
ARC sudah sangat jarang dipakai.
•
Kabel
jaringan yang paling banyak dipakai adalah Unshielded Twisted Pair (UTP)
atau pasangan kabel berpilin tanpa pelindung. Untuk pemakaian luar gedung
digunakan Shielded Twisted Pair (STP).
HUB
•
Untuk
menyambung komputer, biasanya menggunakan HUB. HUB bekerja dengan metode
broadcast, sehingga semua port yang ada akan dikirim sinyalnya
•
Dengan
metode broadcast, sering terjadi tabrakan (domain collision) yang akhirnya akan
memperlambat akses jaringan
•
Selain
lambat karena terjadinya domain collision, HUB juga akan membagi bandwidth
keseluruhan dalamjumlah port
•
Radio atau Wireless LAN kebanyakan menggunakan metode HUB, jadi
kecepatannya akan berkurang kalau penggunanya bertambah, dan juga kalau satu
terminal hang akan menyebabkan yang lain juga bisa hang.
•
Untuk
mengatasi domain collision dan penurunan kecepatan kerja dalam satu jaringan
komputer, maka digunakan SWITCH
•
SWITCH
bekerja dengan metode mengakses tabel MAC Address (alamat fisik kartu
jaringan), jadi kalau sinyal berasal dari port satu ke port lainnya, tidak akan
di broadcast ke port yang tidak dituju.
•
Untuk
mengurangi terjadinya domain collision, maka digunakan BRIDGE agar
jumlah komputernya menjadi berkurang
•
Penggunaan
BRIDGE masih menyebabkan terjadinya domain collision di masing-masing
grup, dan juga akan terjadi broadcast collision karena akan
terjadi penukaran data dari satu grup ke grup lainnya
•
Selain
itu BRIDGE akan meneruskan semua protokol yang ada
•
Untuk
menghindari terjadinya broadcast collision dan saling meneruskan protokol, maka
digunakan ROUTER.
•
Dengan
ROUTER protokol yang dilewatkan hanya TCP/IP saja. ROUTER juga untuk
mengarahkan IP Address dari satu jaringan ke jaringan lain
https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/2416/file_10-babII-landasan-teori.pdf
http://dilihatya.com/1335/pengertian-jaringan-menurut-para-ahli
Komentar
Posting Komentar